Sabtu, 06 Oktober 2012

AKUNTANSI BIAYA DAN PENGERTIAN BIAYA

Akuntansi secara garis besar dapat di bagi menjadi dua tipe, yaitu : akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi biaya bukan merupakan tipe akuntasi tersendiri yang terpisah dari dua tipe akuntansi tersebut di atas, namun merupakan bagian dari keduanya.
Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya. Objek kegiatan akuntansi biaya adalah biaya.
Proses akuntansi biaya dapat ditujukan pula untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam perusahaan. Dalam hal ini akuntansi biaya harus memperhatikan karaktersistik akuntansi manajemen. Dengan demikian akuntansi biaya merupakan bagian dari akuntansi manajemen.
Akntansi biaya mempunyai tiga tujuan pokok: penenuan kos produk, pengendalian biaya, dan pengambilan keputusan khusus. Untuk memenuhi tujuan penentuan kos produk, akuntansi biaya mencatat, menggolongkan, dan meringkas biaya-biaya pembuatan produk atau penyerahan jasa. Biaya yang dikumpulkan dan disajikan adalah biaya yang telah terjadi di masa lalu atau biaya historis.Umumnya akuntansi biaya untuk penetuan kos produk ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pihak luar perusahaan. Oleh karena itu, untuk melayani kebutuhan pihak luar tersebut, akuntansi biaya untuk penentuan kos produk tunduk pada prinsip-prinsip akuntansi yang lazim. Disamping itu, penentuan kos produk untuk memenuhi kebutuhan manajemen.

AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN
Akuntansi biaya merupakan bagian dari dua tipe akuntansi: akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Oleh Karena itu, sebelum membahas akuntansi biaya, perlu diketahui lebih dahulu perbedaan karakteristik dua tipe pokok akuntansi tersebut.
Akuntansi keuangan dan akntansi manajemen memiliki dua kesamaan.Yang pertama, kedua tipe akuntansi tersebut merupakan system pengolahan informasi yang menghasilkan informasi keuangan. Meskipun informasi non keuangan merupakan informasi penting yang digunakan oleh manajemen dalam pengolahan perusahaan, namun hamper seluruh informasi non keuangan tersebut berada diluar ruang lingkup akuntansi. Kesamaan lainnya adalah dua tipe akuntansi tersebut berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk penganbilan keputusan. Pengambilan keputusan memerlukan informasi untuk pemilihan alternative yang di hadapinya, di antaranya adalah informasi keuangan. Informasi keuangan ini dihasilkan oleh akuntansi. Namun karena berbagai pengambilan keputusan melakukan berbagai macam pengambilan keputusan yang berbeda, maka informasi keuangan yang diperlukan pun berbeda pula, sehingga diperlukan tipe akuntansi yang berbeda pula untuk memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan tersebut. Tugas akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang relevan dan andal untuk memenuhi berbagai keperluan yang berbeda tersebut.
Perbedaan pokok antara akuntansi keuangan dan akuntasi manajemen terletak pada:
  • 1.      Pemakai laporan akuntansi dan tujuan mereka
  • 2.      Lingkup informasi
  • 3.      Focus informasi
  • 4.      Rentang waktu
  • 5.      Kriteria bagi informasi akuntansi
  • 6.      Disiplin sumber
  • 7.      Isi laporan
  • 8.      Sifat informasi



Sumber :buku akuntansi biaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar