Sabtu, 05 Oktober 2013

ADAT ISTIADAT (ADAT PERNIKAHAN DAERAH JAWA TIMUR)

Teori
Pengertian adat istiadat
Adat istiadat adalah sebuah ungkapan yang artinya Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun.  Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun diistilahkan sebagai Adat Istiadat.  Jadi arti Adat Istiadat adalah Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun.  Kata Istilah Adat Istiadat merupakan ungkapan resmi dalam Bahasa Indonesia.

Kasus/Artikel
Kali ini saya akan menjelaskan Kasus/Artikel tentang Adat Perkawinan di Daerah Jawa Timur
 1. Acara Lamaran :
Sebelum seseorang meminang sang gadis secara resmi, pihak Keluarga Pria mengirim seorang Perantara untuk mendapatkan Keterangan tentang si Gadis dan Keluarganya. Setelah ada persesuaian Pihak Pria mengajukan Lamaran dengan membawa Peningset atau tanda pengikat.Tanda pengikat ini berupa seperangkat Pakaian Wanita, Uang, Perhiasan, Kue-Kue dan lainnya. Kedua Belah Pihak Kemudian menetukan Hari Perkawinan, Biasanya di cari saat-saat yang Baik menurut Keyakinan Bersama.

 2. Persiapan Pernikahan :
Cara-cara dalam persiapan pernikahan di Daerah Jawa Timur tidak Banyak bedanya dengan adat istiadat Kebiasaan di Daerah jawa Tengah atau Daerah Istimewa Yogyakarta. seperti Selamatan Buangan yaitu mohon doa restu pada nenek moyang agar terhindar dari segala halangan, memasang tarub, atau bangunan tambahan untuk pesta perkawinan di rumah calon mempelai wanita. Keluarga wanita juga mengadakan acara siraman dengan air setaman dan malam midodareni yaitu memandikan dan mengkramasi calon pengantin wanita sebagai lambang kesucian lahir dan batin.

 3. Upacara Pernikahan :
Adat perkawinan di Daerah Jawa Timur pun hampir tak berbeda dengan adat di Daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta , seperti upacara Sadak yaitu Kedua mempelai saling melempar daun sirih yang di gulung. suatu acara yang melambangkan siapa kiranya yang akan menguasai rumah tangga Bila Ia terlebih dahulu mengenai lawannya. Berikut ini adalah beberapa tradisi dalam upacara pernikahan :
  • Pelaksanaan Ijab
Ijab adalah hal paling penting untuk melegalisir sebuah perkawinan. Ijab atau perkawinan  dilaksanakan sesuai dengan agama yang dianut kedua penganten, bisa Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu. Kini, warga Penghayat  Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, perkawinannya juga diakui sah oleh negara sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006  tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 Tentang  Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Persiapan untuk pernikahan/ Ijab, harus benar-benar cermat, supaya lancar dan aman. Sesudah Ijab selesai, artinya  temanten sudah sah sebagai suami istri. Tentu hati rasanya “plong”, orang tua dan keluarga kedua pihak juga lega.
  • Upacara Sungkeman
Sepasang pengantin melakukan  sungkem kepada kedua belah pihak orang tua. Mula-mula kepada orang tua pengantin wanita kemudian kepada orang tua pengantin pria. Sungkem adalah merupakan bentuk penghormatan tulus kepada orang tua dan pinisepuh. Pada waktu sungkem ( menghormat dengan posisi jongkok , kedua telapak tangan menyembah dan mencium lutut yang di-sungkemi), keris yang dipakai pengantin pria dilepas dulu dan dipegangi oleh perias, sesudah selesai sungkem , keris dikenakan kembali.
Orang tua dengan haru menerima penghormatan berupa sungkem dari putra putrinya dan pada waktu yang bersamaan juga memberikan restunya supaya  keduanya menempuh hidup rukun, sejahtera. Tanpa mengucapkan kata-kata itu, sebenarnya para orang tua pengantin sudah memberikan restu yang dilambangkan dari kain batik yang dikenakan yang polanya truntum , artinya punyailah rejeki yang cukup selama hidup. Kedua orang tua juga menggunakan ikat pinggang besar  yang namanya sindhur dengan pola gambar dengan garis yang melekuk-lekuk, artinya orang tua mewanti-wanti kedua anaknya supaya selalu bertindak hati-hati, bijak dalam menjalani kehidupan nyata didunia ini.
  • Resepsi Perkawinan
Sesudah seluruh rangkaian upacara perkawinan selesai, dilakukan resepsi, dimana kedua temanten baru, dengan diapit kedua belah pihak orang tua, menerima ucapan selamat dari para tamu. Dalam acara resepsi, hadirin dipersilahkan menyantap hidangan yang sudah disediakan, sambil beramah tamah dengan kerabat dan kenalan. Ada kalanya,  sebelum resepsi  dimulai, diadakan pementasan fragmen  tari Jawa klasik yang sesuai untuk perkawinan yang melukiskan hubungan cinta kasih wanita dan pria.

Analisis
Mengenai artikel di atas memang benar adanya, keluarga saya berasal dari daerah timur di pulau jawa, tepatnya di kota Sidoarjo. Ketika adik dari mama saya menikah atau biasa saya pangil dengan sebutan bu lek, semua pelaksanaan acara pernikahan nya sama seperti artikel yang ada di atas, tapi ada satu acara/ritual yang saya tidak tau apa nama nya yaitu membuang 2 ekor ayam kampung berwarna hitam ke tengah laut, yah apapun itu dan untuk apa fungsi nya masih menjadi pertanyaan buat saya sendiri.
Kesimpulannya setiap orang di indonesia yang akan menikah pasti menggunakan adat nya masing-masing, mulai yang dari sabang sampai marauke, apapun adat yang akan mereka gunakan itu adalah tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang kita dan harus kita pertahankan dan kita wariskan kembali ke anak dan cucu-cucu kita. 

Referensi
http://keju.blogspot.com/1970/01/arti-istilah-ungkapan-adat-istiadat-kamus-ungkapan-bahasa-indonesia.html
http://sdnwonocolo2taman.blogspot.com/2011/06/adat-perkawinan-daerah-jawa-timur.html
http://www.jagadkejawen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7&Itemid=7&lang=id

7 komentar:

  1. mantab. thanks for share pak (y) :)

    BalasHapus
  2. gak bisa di sorot atau di ambil datanya,percuma biar bagus :( :( :( :(

    BalasHapus
  3. Maaf saya mau tanya.. Kata calon suami saya yg berasal dr sidoarjo jawa timur, apa benar orang tua dari pihak calon suami saya tidak boleh diperkenankan hadir di acara ijab dan resepsi ? Apa harus di wakilkan dengan saudara sekandung saja? Mohon penjelasannya.. Trima kasih

    BalasHapus
  4. bagus banget artikelnya

    Anaria Wedding - 0812 7537 5986
    www.anariasouvenir.com

    BalasHapus
  5. Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
    Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
    Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

    BalasHapus
  6. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    BalasHapus
  7. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    BalasHapus