Minggu, 21 Agustus 2011

CARA MEMBUAT COKLAT


Coklat telah menjadi makanan favorit. Dengan berbagai variasi dan bentuk, muncul satu jenis coklat yang disebut praline coklat. Tiny isi coklat berbagai bentuk cokelat telah menjadi tren saat ini. Berikut ini salah satu contoh :
Kopi praline
Bahan-bahan nya : A. 500 gram krim segar, B. 20 gram kopi instan, C. 600 gram Tulip super senyawa dark chocolate, D. 100 gram mentega, E. Cetakan Plastik (piping bag) dengan berbagai bentuk
Metode :
1. Panaskan krim segar dan kopi instan sampai larut kopi. Terus aduk sampai kopi tidak menggumpal. Sisihkan dan dinginkan.
2. Dark chocolate Compound di potong-potong menjadi kecil, lalu lelehkan di atas air panas. Ada dua jenis cokelat, yaitu cokelat compound dan concealment. Senyawa coklat terbuat dari minyak sawit, sedangkan coklat concealment yang dibuat dari aslinya.
"Jaga cetakan coklat agar tidak mencair lebih besar dari panci berisi air, jaga agar percikan atau uap air tidak masuk ke dalam wadah coklat sehingga coklat yang didinginkan jadi kosong sekarang," kata Indra, yang adalah seorang koki di Grand Hyatt Hotel, Hotel Borobudur, Hotel Sari Pan Pacific, dan Kempinski Hotel.
3. Setelah cokelat agak dingin, tambahkan mentega tawar atau mentega tidak asin.
4. Siapkan cetakan, lalu tuangkan coklat ke dalam cetakan. beri krim cokelat, lalu garis cetakan dengan spatula. Biarkan sekitar 2-3 menit.
5. Tuang adonan cokelat dalam cetakan kembali ke dalam mangkuk coklat, sehingga nantinya kita akan membentuk cetakan coklat tipis. Biarkan dingin pada suhu lemari es.
"Setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan, tekan-tekan pada cetakan sehingga tidak ada gelembung udara di dalamnya. Kemudian coklat dapat kosong," kata Indra.
6. Siapkan adonan isi (kopi instan dan krim segar). Jika Anda ingin kacang krim, hanya menggunakan selai kacang yang sudah jadi atau sesuai selera Anda. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
7. Tuangkan isi (mengisi) menggunakan kantong pipa ke dalam cetakan. Pastikan jika coklat (adonan kulit coklat) telah mengeras.
8. Tutup lagi dengan adonan cokelat. Trim dengan spatula. Kemudian dingin kan pada suhu lemari es selama 10-15 menit. Nah, jika Anda ingin cokelat tampak mengkilap saat disajikan, masukkan langsung ke dalam freezer (temperatur yang ekstrem akan membuat coklat mengkilap) 
9. Setelah siap, cokelat siap keluar dari cetakan. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar