Sabtu, 22 Juni 2013

METODE ILMIAH

Pengertian Metode Ilmiah
Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

Langkah-Langkah Penulisan
  • BAB I, Pendahuluan : Paparan tentang apa yang menjadi masalah dengan latar belakang nya.
           a). Latar Belakang
           b). Rumusan Masalah
           c). Tujuan Penelitian
           d). Manfaat Penelitian
  • BAB II,  Landasan Teori : Paparan tentang kerangka acuan atau objek yang sudah digunakan dalam memecahkan masalah.
  • BAB III, Metode Penelitian : Paparan mengenai apa yang dilakukan dalam suatu penelitian yang dilakukan sebelum melakukan suatu penelitian dan dikemas dalam bagian metode penelitian.
  • BAB IV, Hasil Penelitian dan Pembahasan : Jawaban terhadap pertanyaan apa yang dikemukakan dalam bagian temuan atau hasil.
  • BAB V, Kesimpulan dan Saran : Kesimpulan, sebagai pernyataan singkat yang mengungkapkan hasil penyelidikan secara menyeluruh. Saran, sebagai pernyataan yang bertujuan untuk penyempurnaan hasil akhir penyelidikan.
Tujuan Metode Ilmiah
Tujuan penulisan metode ilmiah adalah mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar